News Update :

Visi dan Misi

Saturday, June 1, 2013

Rencana Stratejik Dinas Koperasi dan Pengusaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima Tahun 2011 – 2015 merupakan uraian secara rinci dan teratur mengenai berbagai kebijakan dalam rangka pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah selama 5 ( lima ) tahun yang akan datang  yang disesuaikan dengan kondisi daerah Kabupaten Bima.

Kaitan dengan hal tersebut, maka Dinas Koperasi dan Pengusaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima menetapkan visi sebagai berikut :

“ Terwujudnya Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang berperan sebagai pelaku utama dalam Perekonomian Daerah yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan.  “

Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Daerah Kabupaten Bima ditujukan untuk mewujudkan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang tangguh dan memiliki daya saing tinggi yang berperan sebagai motor penggerak dalam perekonomian daerah dan nasional dengan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan.

Diharapkan di daerah Kabupaten Bima ini tumbuh dan berkembang Koperasi dan UMKM yang tangguh dan berdaya saing yang mampu mengelola SDM dan SDA yang tersedia, sehingga mampu menciptakan lapangan usaha baru, meningkatkan kesempatan berusaha bagi masyarakat dan berkembangnya potensi daerah. Untuk  mewujudkan VISI di atas, maka  harus tersusun suatu pernyataan penetapan tujuan, sasaran yang ingin dicapai yang merupakan Misi, harus dirumuskan dengan jelas dan dilaksanakan secara konsisten.

Adapun rumusan Misi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

“  Memberdayakan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sebagai pelaku ekonomi yang tangguh, unggul, produktif, mandiri dan berdaya saing dengan meningkatkan akses Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada Sumber Daya Ekonomi dalam rangka mengembangkan Sistem Ekonomi   Kerakyatan. ”

Dari uraian di atas dapat dipertegas bahwa misi yang diemban adalah untuk mewujudkan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sebagai berikut :

Tangguh     : Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang mempunyai semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan yang baik untuk dapat mendirikan, memiliki dan menangani perusahan yang resikonya cukup besar serta kegiatan usahanya cukup kompleks.

Unggul        :  Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang mempunyai semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan, memiliki dan menangani perusahan yang resikonya besar serta kegiatan usahanya  kompleks.

Produktif    : Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang mampu mengelola dan memanfaatkan sumber – sumber ekonomi (SDA dan SDM) secara efektif dan efisien.

Mandiri        : Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada pihak lain yang dilandasi oleh kepercayaan kepada pertimbangan, keputusan, kemampuan dan usaha sendiri.

Berdaya Saing    : Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang memiliki kemampuan dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif dan mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.