News Update :

PPKL Merintis Wirausaha Baru Berskala Kecamatan

Tuesday, July 23, 2013

Nurmisnah,SE salah seorang Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Kabupaten Bima berangkat menuju kecamatan Pelibelo Kabupaten Bima dengan bermodalkan tekad dan kemauan untuk merintis kelompok Wirausaha Baru yang berskala Kecamatan.

Melirik keberhasilan kelompok Tenun Siwe Nata yang telah dirinti sebelumnya di Desa Nata, ppkl membentuk kelompok baru berskala kecamatan dengan perwakilan satu orang anggota perdesanya sehingga terbentuklah kelompok wira usaha baru yang diberi nama “ Kelompok  Wanita Perintis “ di Kecamatan Pelibelo Kabupaten Bima.

Kelompok Wirausaha Baru Wanita Perintis tersebut dibentuk dan difasilitasi oleh PPKL untuk melakukan pelatihan Produk Unggulan Daerah secara bergilir tiap Desanya dengan tujuan untuk memperkenalkan Jajanan Produk Unggulan Daerah (Pangan) Tortila yang berasal dari Jagung, Singkong dan Rumput Laut kepada masyarakat setempat sebagai salah satu wujud nyata program Pemerintah Propinsi NTB.

Diprakarsai oleh Ketua TP.PKK Provinsi NTB yang bekerjasama dengan LPTTG Malindo yaitu membina wirausaha baru untuk memproduksi Produk Unggulan Daerah (PUD) Pangan menjadi Produk Ber-Merek Layak Pasar Lokal dan Eksport seperti   ( TORTILLA dan KERUPUK ) dengan Tujuan Rakyat terampil Skill dan Cerdas Mind-Sett untuk bekerja dan berpendapatan secara mandiri dan madani. Kelompok ini dilatih langsung oleh Ibu Nuraini selaku Ketua Kelompok sekaligus perintis terbentuknya kelompok wirausaha baru Wanita Perintis di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima tersebut.

Sebagai PPKL Kabupaten  Bima, Nurmisnah memfasilitasi Kelompok wirausaha baru “ Wanita Perintis “ dari Kecamatan Palibelo ini sampai terdaftar pada Dinas Koperasi Kabupaten Bima dan dalam waktu yang singkat Dinas Koperasi memberangkatkan kelompok binaan PPKL tersebut untuk mengikuti Diklat Wirausaha Baru Produk Unggulan Daerah (PUD) Pangan yang diadakan di BALATKOP Mataram. Dengan harapan Anggota kelompok wirausaha baru Wanita Perintis kecamatan Palibelo tersebut mampu menjadi embrio yang akan menjadi cikal bakal berkembangnya wira usaha baru yang memproduksi Produk Unggulan Daerah (PUD) Pangan khususnya TORTILA Rumput Laut, Jagung dan Labu di setiap Desa yang ada diKecamatan Palibelo Kabupaten Bima.

Foto Kegiatan pada saat pelatihan Produk Unggulan Daerah (PUD)
TORTILA RUMPUT LAUT, SINGKONG dan JAGUNG
Oleh : Kelompok Wirausaha Baru Wanita Perintis
Di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima

Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.